Pages

01 November 2006

Persiapan Assesment dan Pengenalan Budaya Nias

CARITAS SIBOLGA - Hari ini tanggal 1 November 2006, tim proyek Gunungsitoli mengadakan pelatihan terakhir untuk persiapan pendataan bagi pengungsi km 3 dan Lasara. Semoga tim ini dapat bekerja dengan baik dan memberikan input yang benar bagi Caritas Sibolga sehingga apa yang sudah direncanakan dapat terlaksana kelak. Sebaliknya saudara - saudari kita yang sudah lama menunggu tindak lanjut dari apa yang diperjuangkan oleh Caritas Sibolga selama ini, dapat berlega hati.

Selain itu, atas undangan dari UNORC dan Museum Yayasan Pusaka Nias, beberapa staf Caritas Sibolga pada hari yang sama menghadiri "RAFE HADA", sebuah acara pengenalan budaya- budaya Nias yang selama ini seolah - olah terpendam. Dalam acara yang dihadiri oleh beberapa organisasi baik Internasional maupun Nasional disajikan pemutaran film singkat tentang budaya Nias berupa Maena, tari - tarian, adat - istiadat, dan sebagainya. Selain itu juga diadakan seminar singkat yang tentu saja berhubungan dengan ruang lingkup budaya Nias.
Acara yang sangat singkat memang, namun, menarik perhatian bagi yang hadir saat itu. Semoga saja acara tersebut tak hanya diadakan sekali itu saja tapi akan berkelanjutan. Diharapkan bahwa acara seperti itu hendaknya juga disajikan bagi masyarakat luas yang sepertinya mulai lupa dengan kebudayaan daerahnya sendiri?????Sekali lagi,semoga!