Pages

17 December 2009

Pendampingan ke – 4 & 5 Departemen DRR Caritas Keuskupan Sibolga


Gunung Sitoli – CKS, Seluruh staff DRR CKS mengikuti kegiatan pendampingan (Accompaniment) ke-4 & 5 bersama konsultan Shayamal Kumar Saha dari tanggal 23 November s/d 07 Desember 2009
Pendampingan ke-4 adalah refleksi tentang pelaksanaan PRBDM ( Pengurangan Resiko Bencana yang Dimanajemeni Masyarakat ) tahap 2 dan mempelajari alat kerja partisipatif untuk monitoring dan evaluasi akhir tahun Organisasi Masyarakat PRB (OMPRB), serta mempraktekkan alat kerja Participatory Document Distillation Session (PDDS) atau Penyaringan Dokumen Secara Partisipatif.

Dalam pendampingan ke-5, tim DRR bersama Shayamal, P. Sebastian Sihombing, OFM.Cap, Robert Sulistyo dan Whisnu Yonar dari Karina KWI, tim PRB CKS mempelajari teater rakyat sebagai alat penyadaran dan mobilisasi masyarakat akar rumput. Tim mendisain naskah dan skenario teater bertema KTD untuk menghadapi resiko banjir berjudul “Bersama untuk Siaga”, berlatih bagaimana memerankan teater dan kemudian melatih sekelompok anak muda dari OMPRB Orudua Zato Pasar Beringin memainkan teater tersebut.

Pementasan teater “Bersama untuk Siaga” ini dilaksanakan Minggu 06 Desember 2009 pukul 19.00 WIB, bertempat di Gereja GBI belakang Pasar Beringin disaksikan oleh masyarakat Pasar Beringin. Tim PRB CKS belajar bahwa teater rakyat adalah alat yang sangat efektif untuk menggalang solidaritas dan menjadi alat penyadaran. Teater rakyat tidak rumit, berakar dari pengalaman nyata masyarakat setempat dan mampu memberi pesan yang kuat karena dibahasakan secara sederhana dan sungguh lahir dari persoalan nyata masyarakat setempat.(drr)