Pages

30 March 2010

Team Building Staf Caritas Keuskupan Sibolga

Gunungsitoli-CKS, Untuk meningkatkan persaudaraan antar staff Caritas Keuskupan Sibolga (CKS), diadakanlah kegiatan Team Building staf CKS selama 3 (tiga) hari di Tuhemberua. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 25-27 Maret tersebut juga bertujuan untuk memperkuat pemahaman staf tentang arti sesungguhnya dari caritas itu melalui serangkaian kegiatan yang bertemakan kasih salah satunya adalah perayaan misa bersama staf yang dipimpin langsung oleh Direktur CKS P. Mikael To, Pr. Dalam perayaan misa tersebut juga dilangsungkan acara pembasuhan kaki satu sama lain antara staf serta pengucapan Ikrar Staf Caritas Keuskupan Sibolga secara bersama-sama Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Matteo dan Stefania dari Caritas Italiana serta Jean-Cyril Dagorn dari Caritas Austria.

Selama kegiatan berlangsung, seluruh peserta mengikutinya dengan serius dan sangat ekspresif terhadap acara yang dibawakan secara bergiliran oleh masing-masing petugas kelompok. Canda tawa mewarnai rangkain acara dan suasana penuh haru ketika tiba pada acara pembasuhan kaki. Seluruh peserta tanpa kecuali saling membasuh kaki satu sama lain sesuai dengan nama yang tertera pada secarik kertas yang dipilih secara acak sebelumnya. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat mempertebal kasih antar staf dan kemudian mampu mengimplementasikannya ke masyarakat luas khususnya masyarakat dampingan proyek pemberdayaan Caritas Keuskupan Sibolga.

Pada akhir kegiatan juga diadakan acara khusus perpisahan dengan representatif donor Caritas Austria, Jean-Cyril Dagorn setelah setahun bersama-sama dengan CKS. Dalam acara ini, Jean-Cyril Dagorn yang akrab disapa dengan panggilan Bang Jhon mendapat kenang-kenangan dari seluruh staf berupa sebuah baju kaos oblong putih yang dipenuhi dengan coretan tanda tangan staf yang hadir dalam kegiatan Team Building tersebut. Bang Jhon tak mampu menahan derai air mata ketika menyampaikan sepatah kata perpisahan dengan staf CKS. Bang Jhon akan digantikan oleh Silvia Holzer yang sebelumnya juga pernah bersama-sama dengan staf CKS sebelum Bang Jhon akhirnya bergabung di CKS sebagai wakil donor dari Caritas Austria.

Semoga kegiatan ini bisa memperkuat keakraban dan kasih antara staf CKS sehingga dalam menjalankan program kerja, staf mampu mengimplementasikan kasih yang mereka miliki dan membagi kasih itu kepada sesama.(hl)