Pages

01 December 2007

Workshop Perencanaan Tahunan

CARITAS SIBOLGA – Bertempat di kantor Caritas Keuskupan Sibolga (CKS), digelar workshop tiga hari. Workshop ditujukan menyusun kegiatan CKS untuk tahun 2008. Kegiatan ini diikuti semua officers dan manajer yang ada di CKS. ” Kita akan semakin gampang untuk dimonitoring. Ini merupakan bagian dari semangat transparasi Caritas Sibolga,” jelas Jason William, officer manager (manajer kantor) saat pembukaan.

Workshop dibagi atas tiga sesi. Sesi pertama (Rabu, 28/11) difokuskan menggali indikator-indikator yang berhubungan dengan rencana aksi (aktivitas). Metodelogi yang digunakan adalah fokus group diskusi (FGD). Setelah itu setiap bidang mempresentasikan hasilnya.

Sesi kedua (Kamis, 29/11) difokuskan untuk menyusun rencana kerja (tahapan kerja). Masing-masing bidang melakukan penyusunan aktivitas berdasarkan skala prioritas dan rentang waktu.

Sesi ketiga (Jumat, 30/11) difokuskan pada perencanaan keuangan. Sesi hari terkahir diisi beberapa presentasi materi. Barbara Dettory menyampaikan materi Management Accounting for NGO (Manggo). Pastor Raymond Laia, memberikan materi sistem keuangan CKS.

Dipenghujung workshop, Partor Raymond mengingatkan pentingnya perencanaan tahunan bagi setiap organisasi.” Kita harus belajar untuk semakin profesional,” imbuhya. (Eh)