Pages

19 January 2008

Mango Training

CARITAS SIBOLGA- Special Operation Appeal (SOA) - koordinator organisasi Caritas - kembali menggelar pelatihan Management Financial for NGOs (Manggo). Pelatihan dilaksanakan di Hotel Danau Toba, Medan. Berlangsung selama lima hari. Mulai tanggal 7 sampai 11 Januari 2008.

Pelatihan difasilitasi Debbie Pitt . Debbie merupakan pelatih profesional dari Manggo, sebuah organisasi yang berbasis di Inggris.

Pelatihan kali ini diikuti 13 orang peserta. Pelatihan digelar untuk meningkatkan kapasitas staff Caritas di bidang perencanaan keuangan (budget). Dari pelatihan ini, peserta diharapkan mampu menyusun laporan keuangan yang baik. Laporan yang mudah dipahami baik oleh donor maupun pihak lain. Ini merupakan bagian dari semangat transparansi yang dianut Caritas.

Dari informasi yang disampaikan Roy Dorman Marbun (24) peserta dari Caritas Keuskupan Sibolga (CKS). Selama pelatihan, peserta terlibat aktif. Peserta silih berganti menyampaikan sejumlah pertanyaan kepada fasilitator. Hal itu diutarakan Debbi.“ Saya senang, ....karena banyak yang bertanya,” kata Roy mengulang ucapan Debbi.

Roy juga menambahkan bahwa peserta juga menyampaikan hal yang sama. Roy menirukan ucapan Pastor Immanuel Parap’pak (Caritas Makassar), mengatakan,”Saya semakin mengerti bagaimana menyusun laporan keuangan”.

Ketika ditanya kepada Roy Marbun (staff Caritas) tentang kesannya selama training. Roy menjawab,”sangat menarik”. “...Ini sangat berbeda dengan apa yang didapatkan dari bangku kuliah,” tambah Roy lagi.*** Vlase.