Pages

18 January 2008

Training Guru TK Katolik sepulau Nias

CARITAS SIBOLGA-“ Bertempat di Panti Asuhan Monaco, Gunungsitoli, Nias. Digelar pelatihan untuk guru Taman Kanan-Kanak Katolik (TKK) sepulau Nias. Pelatihan digelar tiga hari (Senin – Rabu, 7 – 10 Januari 2008).

Dari assesment yang dilakukan Caritas Keuskupan Sibolga (CKS), ditemukan banyak guru TK di Nias yang tidak berlatar belakang pendidikan guru TK. Dari data-data itulah CKS berinisiatif mengadakan pelatihan. Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan kapastitas guru-guru TK. Setelah mengikuti pelatihan peserta diharapkan akan lebih terampil dan professional menjalankan profesinya.

Pelatihan diikuti sebanyak 36 peserta dari seluruh pulau Nias. Bertindak sebagai pelatih adalah Rosleiner Pohan, Spd dan Dra. Erna Kusnita. Dra. Erna Kusnita adalah ketua umum Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Sumatera Utara. Sedangkan Rosleiner Pohan atau yang akrab dipanggil Ibu Ros adalah instruktur tingkat propinsi untuk TK.

Selama pelatihan peserta terlibat aktif dalam pelbagi sesi. Mulai sesi teori sampai sesi praktek.

Training di tutup oleh Pastor Raymond Laia (Wakil Direktur CKS). Dalam sambutan Pastor Raymond menyatakan rasa puasnya dengan proses pelatihan.”Training ini berhasil 99%,” ungkap Pastor Raymond.

Hal senada juga diungkapkan Sr.Sofiani Warasi SCMM yang bertindak sebagai panitia. Caritas Keuskupan Sibolga (CKS) dan panitia berupaya memberikan yang terbaik. Termasuk fasilitator. “...Para fasilitator telah memberikan apa yang mereka miliki,” kata Sr. Sofiani.

Tidak hanya panitia dan fasilitator. Para peserta training juga begitu antusias. ”Bahkan ada yang tidur sampai jam 1 malam demi menyelesaikan tugas ...,.” tambah suster ini dengan tersenyum.(***) Vlase