Pages

26 November 2007

ERHAM PROJECT DITUTUP DENGAN SUKSES


CARITAS SIBOLGA - Jumat (2/11) Earthquake Relief Housing Alasa Mandrehe (ERHAM) Project wilayah Sirombu dan Mandrehe, resmi ditutup. Proyek yang mulai dikerjakan pada 15 September 2006 itu, berhasil menyelesaikan pembangunan 150 unit rumah bagi korban gempa.

Penyerahan rumah secara resmi telah dilakukan pada bulan Oktober (Jumat, 18/10). Khusus hadir pada acaranya itu Mgr. Wilhelm Egger berserta rombongan dari Caritas Keuskupan Bozen (Italia), Christoph Petrik-Schweifer (Sekretaris Jendral Caritas Austria), Georg Matuschkowitz (Caritas Austria), Sylvia Holzer (perwakilan Caritas Austria di Nias), Pastor Barnabas Winkler (Bendahara Caritas Sibolga), Pastor Rantinus Manalau (Direktur Caritas Sibolga), Pastor Raymond Laia (Wakil Direktur Caritas Sibolga) dan Barbara Direttori (Caritas Italia) serta Jean Cyril (Secure Catholic – Caritas Francis).

Acara itu dihadiri seribuan warga yang tinggal di Sirombu dan Mandrehe. Kegiatan berlangsung mulai pukul 12.00 sampai 17.00 wib. Dimulai dengan misa lalu dilanjutkan ritual tradisional Nias. Warga menyerahkan Zimbi (kepala babi) sebagai simbol penghormatan dan ucapan syukur atas bantuan Caritas. Selama acara berlangsung, warga menari dan bernyanyi bersama. Ini merupakan tradisi khas Nias yang mengambarkan suka cita.

Setelah resmi ditutup, ERHAM project akan dilanjutkan kembali di Alasa. Saat ini team sedang merampungkan pembangunan rumah contoh (prototype house).” Tinggal menunggu kayu untuk pondasi..,” tandas Frans, proyek manajer ERHAM. (Eh)