Pages

06 November 2007

Trocaire menggelar Lokakarya Pengarusutamaan Gender

CARITAS SIBOLGA – Bertempat di Wisma Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Jakarta, Trocaire menggelar lokakarya bertajuk Pengarusutamaan Gender (Gender Mainstreaming). Lokakarya dimulai pada Selasa (30/10) dan berakhir Rabu (31/10). Lokakarya bertujuan memperkuat kemampuan mitra kerja Trocaire menyusun program yang sensitif gender.

Dua puluh dua peserta dari pelbagai daerah di Indonesia terlibat aktif dalam lokarkarya yang difasilitasi Damairia Pakpahan dan Shinta Dewi dari Circle Indonesia. Damairia yang sudah malang melintang digerakan perempuan, memberikan peserta pemahaman Gender. Sedangkan Shinta Dewi berbicara banyak tentang metode pengintegrasian issu gender kedalam program.

Widyawati Setia Budi dari Trocaire disela kegiatan mengharapkan lokakarya akan berdampak positif. Dengan gender mainstreaming, Trocaire mendorong organisasi mitra mampu menyusun program yang ramah terhadap perempuan dan laki-laki.“ Kami mencoba mencari tahu apa yang mitra Trocaire butuhkan,“ ujar Widya.

Lokakarya di tutup Rabu petang dengan rekomendasi menggelar kembali kegiatan yang sama. Peserta merasa materi yang disampaikan selama dua hari itu belum cukup memberikan pemahaman. “Semua rekomendasi umumnya sama, meminta adanya lagi pelatihan dan peningkatan kapasitas ...“ tukas Romo Sari Jatmiko dari KARINA, dipenghujung lokakarya. (Eh)